Rabu, 23 Januari 2013

Hubungan Administrasi Kesehatan, Organisasi dan manajemen kesehatan


Tugas AKK

HUBUNGAN ADMINISTRASI, ADMINISTRASI KESEHATAN,
ORGANISASI, DAN MANAJEMEN






Oleh

ARINI FITRI
NIM      : K11112122
KELAS   :KESMAS C


FAKULTAS KESHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2012

Dasar-dasar Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
A.    Hubungan Administrasi dan Administrasi Kesehatan
Administrasi berasal dari kata administrare (Latin: ad = pada, ministrare = melayani atau menyelenggarakan). Jadi, jika dilihat dari asal katanya administrasi berarti memberikan pelayanan kepada. Administrasi adalah proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya (Sondang. P Siagian). Unsur yang membentuk administrasi, yaitu : dua orang atau lebih, tujuan yang hendak dicapai, tugas-tugas yang harus dilaksanakan, serta peralatan untuk menyelesaikan tugas (Siagian, 1990).
Administrasi kesehatan adalah suatu proses yang menyangkut perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pengkoordinasian, dan penilaian terhadap sumber, tata cara dan kesanggupan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan terhadap kesehatan, perawatan kedokteran, serta lingkungan yang sehat dengan jalan menyediakan dan menyelenggarakan berbagai upaya kesehatan yang ditujukan kepada perseorangan, keluarga, ataupun masyarakat.
Hubungan administrasi dan administrasi kesehatan yaitu masing-masing memiliki langkah-langkah atau upaya yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi kesehatan tidak lain adalah administrasi sendiri yang diterapkan pada upaya kesehatan demi terciptanya suatu keadaan sehat. Sebagaimana dalam administrasi kesehatan berupaya menyediakan atau menyelenggarakan upaya kesehatan sedemikian rupa sehingga dengan input yang kecil (sumber, tata cara dan kesanggupan) dapat menghasilkan output yang sebesar-besarnya yaitu terpenuhinya kebutuhan dan tuntutan akan kesehatan dan memberikan dampak yang positif bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

B.     Hubungan Administrasi dan Organisasi
Organisasi merupakan suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada. Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Organisasi juga adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih untuk pencapaian tujuan bersama. Dan organisasi juga merupakan struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
Dari pengertian di atas, aspek yang ada dalam organisasi adalah
1.      Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
2.      Adanya system kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
3.      Adanya tujuan
4.      Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
5.      Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
Hubungan administrasi dengan organisasi adalah kesatuan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan. Penerapannya adalah administrasi yang merupakan proses sedangkan organisasi adalah wadah. Administrasi menekankan kepada proses kegiatan pengkoordinasian orang-orang yang berkerjasama, alat-alat dan dana yang digunakan untuk mencapai tujuan yang inginkan.. Jadi dapat dipahami, bahwa kegiatan tatausaha masih termasuk dalam arti luasnya adalah keseluruhan kegiatan dalam organisasi.  Organisasi adalah wadah atau suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggungjawab, meliputi : memiliki struktur, tujuan, saling berhubungan satu bagian dengan bagian yang lain untuk mengkoordinasikan aktivitas di dalamnya.
Dengan demikian administrasi merupakan suatu kegiatan pelayanan, termasuk di dalam kegiatan administrasi adalah kegiatan pengelolaan atau manajemen administrasi yang dapat dilaksanakan di dalam atau di luar organisasi (formal) dan organisasi (formal) tersebut merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan administrasi.



C.     Hubungan Administrasi dan Manajemen
Manajemen berasal kata manegie (Latin: manus yang berarti tangan dan agere yang berarti melakukan, melaksanakan). Jika dilihat dari asal katanya manajemen berarti melakukan dengan tangan. Kata-kata itu digabung menjadi kata kerja managere yang berarti menangani, managere diterjemahkan ke dalam bahasa inggris dalam bentuk kata kerja to manage untuk orang yang melakukan kegiatan manajemen. Akhinya management diterjemahkan kedalam bahasa indonesia menjadi manajemen/ pengelolaan.
Manajemen adalah seni melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang-orang (Mary Parker Follet).  Atau sebagai pengaturan atau pengelolaan sumberdaya yang ada sehingga hasilnya maksimal. Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memeperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian suatu tujuan melalui kegiatan orang lain (Siagian, 1990). Sedangkan menurut (Hasibuan 2005) manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.
Dalam definisi diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah sebuah kegiatan memadukan semua sumber daya yang ada sehingga tercipta sinergi sumber daya dengan efektifitas dan efisiensi yang optimal dalam mencapai tujuan tertentu. Aktivitas memadukan harusnya merupakan penyesuaian antara karakteristik sumber daya dengan penggunaan sumber daya.
Ada 3 aspek penting  manajemen yaitu :
1.      Manajemen merupakan suatu bentuk kerja, artinya tanpa kita memahami dan menjalankan kerja, kita tidak akan bisa menjalankan manajemen, karena manajemen itu adalah bekerja didalam  melalui suatu team atau kelompok orang-orang pekerja.
2.      Manajemen merupakan suatu sistem kerja, yaitu merupakan serangkaian prosedur-prosedur kerja sama tertentu.
3.      Manajemen merupakan fungsi yang harus dijalankan oleh orang yang berfungsi memimpin dan mengendalikan organisasi sebagai suatu sistem kerja sama yang disebut menejer.

Hubungan administrasi dan manajemen adalah dalam penerapan administrasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan,hanya kegiatannya yang dapat dibedakan. Administrasi bersifat konsep menentukan tujuan dan kebijaksanaan umum secara menyeluruh sedangkan manajemen sebagai subkonsep yang bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan dan kebijaksanaan yang sudah tertentu pada tingkat administrasi.
Administrasi dengan Manajemen (Administration to Management), bahwa istilah administrasi dalam bahasa Inggris, yaitu “administration”. Cakupan dari kegiatan administrasi sangatlah luas, yaitu keseluruhan proses mulai dari menentukan bentuk dan tujuan organisasi, cara mencapai tujuan, siapa saja yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pencapaian tujuan ini, pengendalian proses pelaksanaan, sampai bagaimana mendayagunakan instrumen atau sumber yang terbatas. Pada dasarnya, cakupan dari kegiatan penataan usaha ini adalah bagian dari disiplin ilmu lain, oleh karenanya kegiatan ilmu administrasi hanya dibatasi pada aktivitas-aktivitas penyelenggaraan atau pelaksanaan saja yang direpresentatifkan dengan penataan usaha.
Administrasi lebih luas dari pada manjemen karena manjemen sebagai salah satu unsur dan merupakan inti dari administrasi sebagai pelaksanaan yang bersifat operasional melainkan mengatur tindakan –tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut “bawahan” jadi dengan manjemen administrasi akan mencapai tujuannya.
Administrasi dan manajemen adalah suatu ilmu yang saling berhubungan dan tidak terpisahkan, karena di dalam administrasi terdapat manajemen yang berfungsi sebagai motor penggerak jalannya administrasi Negara. Banyak hal yang membedakan administrasi dengan manajemen, strata yang berada di atas manajemen, eselon, strategi, qualitative, orang, reflektif, dan generalism. Dalam manajemen meliputi bidang keilmuan eksekusi, fakta, kedudukannya di bawah dari administrasi.
Supaya terjadi kerjasama untuk mencapai tujuan, diperlukan proses penggerakan. Proses penggerakan dalam Administrasi disebut Manajemen. Dengan demikian Administrasi mencapai tujuan melalui Manajemen.

D.    Hubungan Administrasi kesehatan dan Organisasi
Administrasi berasal dari kata administrare (Latin: ad = pada, ministrare = melayani atau menyelenggarakan). Jadi, jika dilihat dari asal katanya administrasi berarti memberikan pelayanan kepada. Administrasi adalah proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya (Sondang. P Siagian). Kesehatan dari kata dasar “sehat” adalah suatu keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan social yang memungkinkan setiap orang hidup secara social dan ekonomis (UU Kesehatan No.23 tahun 1992). Jadi, administrasi kesehatan adalah suatu proses yang menyangkut perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pengkoordinasian, dan penilaian terhadap sumber, tata cara dan kesanggupan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan terhadap kesehatan, perawatan kedokteran, serta lingkungan yang sehat dengan jalan menyediakan dan menyelenggarakan berbagai upaya kesehatan yang ditujukan kepada perseorangan, keluarga, ataupun masyarakat.
Organisasi adalah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Organisasi juga merupakan system kerjasama antara dua orang atau lebih untuk pencapaian tujuan bersama.
Hubungan organisasi dan administrasi kesehatan ialah organisasi merupakan wadah untuk melakukan kegiatan bersama dan administrasi kesehatan merupakan proses dari kegiatan kesehatan tersebut. Administrasi kesehatan menekankan kepada proses kegiatan pengkoordinasian orang-orang yang berkerjasama dalam bidang kesehatan, alat-alat medis dan dana yang digunakan untuk mencapai tujuan yang inginkan.. Jadi dapat dipahami, bahwa kegiatan tatausaha masih termasuk dalam arti luasnya adalah keseluruhan kegiatan dalam organisasi.  Organisasi adalah wadah atau suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggungjawab, meliputi : memiliki struktur, tujuan, saling berhubungan satu bagian dengan bagian yang lain untuk mengkoordinasikan aktivitas di dalamnya.
Dengan demikian administrasi kesehatan merupakan suatu kegiatan pelayanan kesehatan, termasuk di dalam kegiatan administrasi adalah kegiatan pengelolaan administrasi yang dapat dilaksanakan di dalam atau di luar organisasi dan organisasi tersebut merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan administrasi kesehatan tersebut.
E.     Hubungan Administrasi Kesehatan dan Manajemen
Administrasi kesehatan adalah suatu proses yang menyangkut perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pengkoordinasian, dan penilaian terhadap sumber, tata cara dan kesanggupan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan terhadap kesehatan, perawatan kedokteran, serta lingkungan yang sehat dengan jalan menyediakan dan menyelenggarakan berbagai upaya kesehatan yang ditujukan kepada perseorangan, keluarga, ataupun masyarakat.
Manajemen adalah suatu kegiatan untuk mengatur orang lain guna mencapai suatu tujuan atau menyelesaikan pekerjaan. Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu (Hasibuan 2005) . Jadi, Manajemen kesehatan adalah suatu kegiatan atau suatu seni untuk mengatur para petugas kesehatan dan nonpetugas kesehatan guna meningkatkan kesehatan masyarakat melalui program kesehatan.
Hubungan Administrasi kesehatan dan manajemen yaitu administrasi kesehatan ialah proses kegiatan pengkoordinasasian orang-orang yang berkerja sama dalam bidang kesehatan, alat-alat medis dan dana yang digunakan untuk mencapai tujuan yang inginkan. Administrasi kesehatan merupakan Penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi, baik dalam pengertian luas maupun sempit di dalam penyelenggaraannya diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian. Jadi administrasi kesehatan adalah penyelenggaraannya kerja di bidang kesehatan, dan manajemen adalah orang-orang yang menyelenggarakan kerja. Maka kombinasi dari keduanya adalah penyelenggaraan kerja yang dilakukan oleh orang-orang secara bersama-sama (kerjasama) untuk mencapai tujuan yang yang telah ditetapkan.
Administrasi kesehatan merupakan salah satu bentuk administrasi yang lebih luas dari pada manjemen karena manjemen sebagai salah satu unsur dan merupakan inti dari administrasi sebagai pelaksanaan yang bersifat operasional melainkan mengatur tindakan –tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut “bawahan” jadi dengan manjemen administrasi akan mencapai tujuannya.

F.      Hubungan Organisasi dan Manajemen
Organisasi adalah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Organisasi juga merupakan system kerjasama antara dua orang atau lebih untuk pencapaian tujuan bersama. , aspek yang ada dalam organisasi adalah adanya komponen ( atasan dan bawahan), adanya system kerja sama, adanya tujuan, adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati dan adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
Manajemen adalah suatu kegiatan untuk mengatur orang lain guna mencapai suatu tujuan atau menyelesaikan pekerjaan. Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu (Hasibuan 2005). Aspek dalam manajemen yaitu :
1.      Manajemen merupakan suatu bentuk kerja, artinya tanpa kita memahami dan menjalankan kerja, kita tidak akan bisa menjalankan manajemen, karena manajemen itu adalah bekerja didalam  melalui suatu team atau kelompok orang-orang pekerja.
2.      Manajemen merupakan suatu sistem kerja, yaitu merupakan serangkaian prosedur-prosedur kerja sama tertentu.
3.      Manajemen merupakan fungsi yang harus dijalankan oleh orang yang berfungsi memimpin dan mengendalikan organisasi sebagai suatu sistem kerja sama yang disebut menejer.
Hubungan organisasi dan manajenen erat kaitannya. Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama disatu pihak dengan tujuan di pihak lain.
Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan.
Jadi Organisasi disini adalah sebagai wadah atau tempat orang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah mereka sepakati bersama. Agar organisasi itu dapat berjalan dengan baik perlu pengelolaan, pekerjaan mengelola itu disebut manajemen dan orang yang mengelola/memimpin disebut manejer. Jadi, dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi.
Manajemen merupakan  Proses kegiatan pencapaian tujuan bersama melalui kerjasama antar manusia. Dan organisasi sebagai Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.

.


Daftar Pustaka

Azwar, Azrul.1996.Pengantar Administrasi Kesehahatan Edisi Ketiga.Tanggerang : Binapura Aksara







Tidak ada komentar:

Posting Komentar